Program Satu Desa Satu PAUD Masih Belum Tercapai

Laporan: Tim Redaksi
Senin | 29 Juli 2013 | 14:48:41 WIB

Foto | Istimewa

Sebanyak 25.834 desa belum terjangkau layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk itu, target satu desa satu PAUD masih belum dapat tercapai di 2013.

Direktur Jenderal PAUDNI, Lydia Freyani Hawadi, mengatakan untuk menggenjot target program "Satu Desa Satu PAUD", pemerintah mengalokasikan anggaran 2,40 triliun rupiah untuk pembinaan program pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal (PAUDNI) pada tahun 2013. "Salah satu alokasi anggaran itu untuk PAUD karena masih ada 25.834 desa yang belum punya PAUD," kata Lydia, di Jakarta, Minggu, (28/7).

Lydia menguraikan pada tahun ini akan mendorong penyelenggaraan PAUD holistik-integratif yang mampu mengoptimalkan atau melejitkan kecerdasan anak sesuai tahap tumbuh kembang anak. Selain itu, memberikan kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan jangkauan sasaran yang makin luas, bermutu, merata, dan berkeadilan.

Tahun ini, alokasi anggaran untuk Direktorat Pembinaan PAUD sebesar 676,2 miliar rupiah. Sebanyak 324 miliar dari anggaran tersebut dialokasikan untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD bagi 45.000 lembaga.